Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian Antara Lain

komoditas ekspor indonesia yang berasal dari hasil pertanian  


eksport indonesia yang berasal dari hasil pertaninan
eksport indonesia


Kementerian Pertanian (Kementan) terus tingkatkan akselerasi ekspor ke beberapa negara besar di dunia. Dari beberapa produk yang dibuat dan menjadi unggulan komoditas ekspor Indonesia,  salah satunya menempati di posisi paling atas produk pertanian yang paling disukai pasar internasional.


Produk pertanian itu adalah karet, sawit, kakao dan kopi. Semenjak di-export tahun 2017, supremasi produk asli Indonesia ini bertambah signifikan, lebih besar dari lalu lintas ekspor tahun tahun sebelumnya.


1. Eksport Karet


eksport karet
karet

Situs resmi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Posisi pertama ekspor paling besar ialah karet dan produk karetnya. Terdaftar, semenjak Januari sampai Juni 2017 keseluruhan ekspor yang dilepaskan ke Amerika Serikat capai 1.020.3 ton. dan jalan raya di 2018 capai 817.7 ton.


Pasar ekspor selanjutnya dihuni Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan nilai 667.4 ton untuk masa Januari-Juni dan 317.0 ton untuk lalu lintas perdagangan pada tahun 2018.


2. Ekspor Kelapa Sawit


eksport kelapa sawit
kelapa sawit


Pasar ekspor kelapa sawit mampu tembus pasar India sebagai negara pengimpor paling tinggi dengan angka 2.521.6 ton untuk periode awal Januari sampai dengan Juni 2017. 


Dan tahun 2018 angkanya capai 1.4909.4 ton. Pada posisi seterusnya, Republik Rakyat Tiongkok mengimpor kelapa sawit sekitar 802.1 ton untuk tahun 2017 dan 948.1 ton untuk tahun 2018.


3. Ekspor Kakao


eksport kakao
kakao

Produk kakao dengan pasar ekspor terbanyak tembus 147.9 ton untuk negara  Amerika Serikat. Satu tahun berakhir, naik jadi 170.9 ton. Dan Malaysia mengimpor produk Indonesia dalam jumlah 83.8 ton dan 63.7 ton untuk tahun 2018.


4. Eksport Kopi


eksport kopi
kopi


Ke-4, hasil produksi petani kopi Indonesia tembus pasar Amerika Serikat dengan nilai ekspor capai 138.8 ton untuk tahun 2017 dan 123.6 ton untuk tahun 2018. Seterusnya, negara ekspor ke-2 dihuni Jerman dengan keseluruhan ekspor capai 42.3 ton.




Kepala Biro Humas dan Info Khalayak Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri menerangkan jika nilai ekspor pertanian indonesia naik 25,19 % atau sebesar US$ 0,32 miliar. Peningkatan, intinya didorong juga oleh ekspor sarang burung, kopi, tanaman rimba, wewangiantik dan rempah-rempah dan logam dasar mulia.


"Keseluruhannya, perkembangan ekapor pertanian YoY dan MoM naik. Di lain sisi, pasar eskpor tidak cuma dikuasai Amerika, India dan Tiongkok saja. Tetapi ada juga Korea Selatan, Jerman, Brasilia, Kanada, Turki, Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Mesir, Belanda, Italia, Amerika Serikat, Spanyol dan Malaysia," tegasnya


Selain pertanian, Indonesia mempunyai beberapa komoditas khusus dari barang industri. Salah satunya komoditas ekspor indonesia  ialah produk tekstil, otomotif, electronic, alas kaki, dan makanan buatan. 


Diambil dari Investopedia, komoditas ialah barang yang dapat diperjualbelikan untuk memperoleh keuntungan atau bisa dipertukarkan sama barang yang lain mempunyai nilai yang serupa. 


Kualitas untuk komoditas  pada intinya secara umum sama untuk semuanya produsen, walau sering sedikit ada ketidaksamaan.


Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemahaman komoditas ialah barang dagangan khusus, benda niaga, hasil bumi, dan kerajinan yang digunakan untuk ekspor.


 Masih menurut KBBI, makna lain dari komoditas ialah bahan mentah yang bisa dikelompokkan menurut kualitasnya sesuai standard perdagangan internasional, misalkan gandum, karet, kopi.


Dalam perdagangan ekspor import, pada umumnya komoditas terdiri jadi empat tipe yaitu: 

  1. Komoditas logam berbentuk beberapa produk hasil mineral tambang mirip emas, perak, platinum, nikel, tembaga, seng, dan lain-lain. 
  2. Komoditas pertanian ialah komoditas yang dari hasil pertanian atau perkebunan seperti beras, gandung, karet, sawit, kapas, kedelai, jagung, kopi, dan lain-lain. 
  3. Komoditas peternakan mencakup semua komoditas yang meliputi ternak hidup dan produk turunannya seperti daging, susu, keju, dan lain-lain. 
  4. Komoditas energi sebagai komoditas yang berperan untuk sumber energi seperti minyak bumi, gas, listrik, dan lain-lain.


Berlainan dengan perdagangan secara umum, perdagangan komoditas mempunyai mekanisme yang sedikit unik. Bila umumnya nilai jual satu produk ditetapkan oleh penjual dan produsen, harga komoditas bergantung dari jumlahnya keinginan dan penawarannya di pasar. 


Fluktuasi harga menjadi resiko yang biasa dirasa oleh aktor perdagangan komoditas. Komoditas sendiri umumnya diperjualbelikan dalam bursa yang selanjutnya disebutkan dengan bursa komoditas. 


Harga juga berfluktuasi dan wajarnya komoditas dijualbelikan dengan mekanisme kontrak berjangka. Naik menurunnya harga dapat muncul karena disebabkan karena faktor-faktor. 


Salah satunya ialah kemampuan produksi, keadaan cuaca, musim, stimulan atau larangan pemerintahan, keadaan politik, dan lain-lain.


sahabat duradeka Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian Antara Lain karet, kelapa sawit, kakao, dan kopi

LihatTutupKomentar