Ciri Khas Kota Salatiga yang Membuat Kangen Berkunjung

 Ciri Khas Kota Salatiga sebagai salah satunya kota di propinsi Jawa tengah. Kota Salatiga dikitari oleh beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Ungaran, dan Telomoyo. Tidak bingung jika kota Salatiga mempunyai udara sejuk dan dikitari panorama yang cantik.

Kota yang ini mempunyai beberapa tempat rekreasi dan beberapa tempat monumental lho. Kota ini juga banyak didatangi warga untuk sekedar istirahat atau nikmati panorama.

Tidak cuman panorama dan tempat monumental, Salatiga punyai makanan khas yang menarik. Untuk kamu yang bertandang ke Salatiga, kurang komplet rasanya jika belum coba makanan uniknya.

Ingin tahu apa makanan khas dari Salatiga? Berikut 7 makanan khas Salatiga yang harus sekali dicoba.

1. Sate sapi.

sate sapi salatiga
sate sapi


Sate sapi diperlengkapi dengan bumbu kacang, kecap, potongan bawang, dan jeruk nipis. Umumnya, sate khas Salatiga ini mempunyai wujud daging yang besar. dengan cita rasa yang khas membuat makanan ini harus dicicipi jika berkunjung ke Kota Salatiga


2. Opor bebek.

opor bebek
opor bebek


Sajian bebek ini dihidangkan dengan kuah santan kental. Rasa bumbu dari opor ini dapat menyerap prima. Bila diolah dengan sistem tradisonal menggunakan tungku, cita-rasanya lebih nikmat.

3. Soto Ayam

soto ayam
soto ayam


Soto ini mempunyai kuah kaldu warna bening kekuningan dengan kombinasi santan. Umumnya bahan isian soto esto terbagi dalam mi beras, potongan ayam, dan krupuk kerak nasi. Soto khas ini benar-benar pas dicicipi di tengah-tengah dinginnya kota Salatiga. Segar mak pyar kata orang salatiga ketika menikmati hidangan ini

4. Bakmi Jowo.


bakmi jowo
bakmi jowo

Bakmi jowo adalah kulineran khas Salatiga yang cukup dikenali. Mi dari bakmi jowo ini mempunyai struktur kenyal dan lebar. Bumbu dari bakmi ini dibuat dari racikan rempah-rempah.

5. Gecok kambing.

gecok kambing
gecok kambing


Bila disaksikan sepintas, gecok kambing seperti tongseng. Tetapi, gecok kambing ini punyai bumbu yang lain dengan tongseng, yakni racikan rempah-rempahnya. Struktur dari kuahnya juga sedikit kasar karena ada kelapa sangrai didalamnya.

6. Ronde sekoteng.

ronde sekoteng
ronde sekoteng


Ronde sekoteng ialah makanan khas Salatiga populer dari dulu. Ronde dibuat dari tepung beras yang diisi gula merah, selanjutnya dibuat bundar seperti bola. Ronde itu selanjutnya dikasih kuah jahe dan isian lain seperti kacang hijau, kacang tanah, dan potongan roti tawar.

7. Enting-enting gepuk.

enting-enting gepuk
enting-enting gepuk


Enting-enting gepuk adalah oleh-olehan khas Salatiga. Camilan ini mempunyai rasa yang manis dan struktur yang gurih. Enting-enting gepuk dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk bersama gula merah.


ciri khas salatiga dari kuliner silahkan dicicipi jika berkunjung ke kota salatiga


LihatTutupKomentar