Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas 

anak usia 3 tahun
mendidik anak usia 3 tahun


Cara mendidik anak usia 3 tahun menjadi tantangan baru untuk beberapa orangtua. Di usia ini, anak biasanya makin pandai dan memulai mengeksploitasi beragam hal. Dia kemungkinan ingin lakukan apapun sendiri hingga condong sulit diatur.


Seringkali, ini dapat membuat orang-tua berasa kesal. Misalkan, saat almari pakaian amburadul karena anak ingin ambil pakaian sendiri atau penyiapan pergi jadi lebih lama karena dia ingin menggunakan alas kaki sendiri.


Meskipun begitu, Anda tidak perlu resah karena contoh di atas bisa memberikan indikasi jika tumbuh berkembang anak jalan maksimal.


Anda malah harus memberikan dukungan sang kecil dengan memberikan pembelajaran anak tiga tahun yang sama sesuai umurnya. Nach, berikut cara mendidik anak tiga tahun yang dapat Anda aplikasikan:


1. Ajarkan makan sendiri


Anak tiga tahun biasanya bisa menggenggam sendok dan garpu, dan sanggup minum dari gelas sendiri. Tetapi, biasa anak masih amburadul saat makan. Maka ajarkanlah dia untuk dapat makan sendiri dengan baik.


Perlihatkan cara menyogok yang betul dan berikan pemahaman padanya jika makanan bukan mainan. Anda dapat makan bersama supaya anak meniru cara makan Anda dengan tepat.


2. Ajarkan kenakan pakaian sendiri


Di usia 3 tahun, anak mulai coba kenakan dan melepas baju sendiri. Bila dia ingin melakukan, tidak boleh membentaknya atau melawan. Diamkan anak belajar melakukan secara mandiri.


Anda dapat menolong dengan mempersiapkan baju yang gampang dikenai, misalkan pakaian atau celana tanpa kancing. Cara mendidik anak tiga tahun ini bisa membuat terlatih kenakan pakaian sendiri.


3. Biasakan dengan Toilet Mandiri


Bila awalnya anak selalu memakai popok saat buang air, berikut waktunya latih anak toilet pelatihan sebagai pembelajaran anak 3 tahun. Di usia ini, anak umumnya telah memperlihatkan minat untuk memakai toilet sendiri.


Maka coba sampaikan anak buang air di toilet di siang hari. Tetapi, yakinkan Anda telah menyaksikan pertanda persiapan pada anak. Jika anak sukses melakukan, berikan dia sanjungan supaya lebih semangat.


4. Kenalkan dengan huruf dan angka


Beberapa anak usia tiga tahun kemungkinan mulai tertarik membaca, berhitung, dan menulis. Saat mengajarkannya membaca, Anda bisa memperkenalkan anak pada huruf lewat puzzle buku narasi atau huruf. Pada usia ini anak tidak bisa membaca rangkaian kata, tetapi Anda bisa memperkenalkan angka dan huruf.


Disamping itu, Anda dapat mengajari sang kecil menulis huruf vocal memakai krayon dan berhitung memakai melalui lagu atau jemari.


Cara mendidik anak tiga tahun ini membutuhkan kesabaran karena anak umumnya gampang teralihkan. Seharusnya pembelajaran anak tiga tahun harus juga diselipin dengan bermain supaya situasinya membahagiakan.


5. Ajarkan  cara berteman


Cara mendidik anak tiga tahun yang jangan Anda lupakan ialah meningkatkan ketrampilan publikasi anak.


Di usia ini, anak kemungkinan telah berminat untuk bermain bersama anak seusianya. Untuk meningkatkan ketrampilan itu, beri anak waktu untuk bermain dengan teman-temannya.


6. Ajarkan cara mengontrol emosi


Beberapa anak usia 3 tahun kemungkinan bisa memperlihatkan beragam jenis emosi, seperti bersedih, geram, jemu, atau berbahagia. Bila tidak dapat mengontrol emosi, dia kemungkinan geram saat kemauannya tidak dituruti.


Jadilah contoh yang bagus untuk anak sebagai pembelajaran anak tiga tahun, khususnya saat mengontrol emosi. Disamping itu, beri pemahaman padanya untuk menentramkan diri saat berasa geram, misalkan dengan memberi warna atau menggambar.


7. Sampaikan keterdisiplinan


Mengajari keterdisiplinan pada anak memanglah bukan hal yang mudah. Beberapa halangan kemungkinan dapat Anda rasakan, misalkan anak terus bermain gawai sepanjang beberapa jam atau masih tetap tidak mau buang air di toilet walau telah latihan.


Cara mendidik anak tiga tahun dengan taktik disiplin yang positif dan efisien juga harus diaplikasikan.


Coba untuk mengaplikasikan batas yang terang pada anak, terangkan resikonya bila dia tidak disiplin, dan beri animo jika dia berperangai baik. Pembelajaran anak tiga tahun ini akan mendorongnya tumbuh jadi anak yang disiplin.


8. Biasakan ikuti perintah simpel


Ajarkanlah anak untuk dengarkan dan ikuti perintah sederhana. Misalkan, "Tolong ambilkan buku itu." Saat anak bawa buku itu pada Anda, katakan terima puji upayanya dan kasih. Ini akan menggerakkan anak belajar pahami perintah dengan baik.


Hal yang penting jadi perhatian dalam cara mendidik anak usia 3 tahun


Kadang anak berasa ingin lakukan segala hal sendiri hingga dia jadi susah ditata dan tidak menurut dengan orangtuanya.


Jauhi berteriak atau geram karena hanya sikap itu cuman akan jadi memperburuk kondisi. Berikut hal yang penting jadi perhatian dalam cara mendidik anak tiga tahun supaya nurut.

  • Coba untuk tenang dan jauhi geram-marah yang terlalu berlebih
  • Mengajak dia bicara dan dorong anak untuk mengutarakan hatinya
  • Jika ada sesuatu hal yang membuat terusik, coba untuk menyelesaikannya bersama
  • Berikan pemahaman pada anak jika dia harus menurut untuk kebaikannya
  • Bila dia berlaku kasar, seperti memukul atau menyepak, alihkan coba tenangkan dan perhatiannya.


Perubahan dan perkembangan sang Kecil memang jadi peristiwa yang dinanti-nantikan oleh Papah dan Mama. Masalahnya perubahan dan perkembangan sang Kecil cuman terjadi 1x dan tidak bisa diulang. sang Kecil sekarang ini telah masuk usia 3 tahun dan telah mempunyai beberapa perubahan baru seperti bisa menyebutkan namanya sendiri, dapat belajar menggambar, dan hitung.


Beberapa hal di atas ialah tahapan perubahan yang biasanya terjadi pada anak usia 3 tahun ke atas, meskipun memang setiap anak mempunyai tahapan perubahan yang berbeda. Masuk usia 3 tahun, skema asuh dan mendidik anak juga harus disamakan dengan umurnya supaya sang Kecil dapat cerdas, berdikari, dan aktif.


Mengajari Anak untuk Mengontrol Emosinya


Cara mendidik anak yang bagus usia 3 tahun yang pertama dengan cara mengajari sang Kecil untuk mengontrol emosinya. Masuk usia 3 tahun sang Kecil bisa ekspresikan apa yang ia alami dan kadang sang Kecil akan keluarkan ledakan emosi yang lebih dikenali bernama tantrum. Mama tak perlu cemas karena tantrum ialah sebuah hal yang normal dalam tahapan perubahan sang Kecil.


Tingkatan emosi sang Kecil belum berkembang secara baik, jadi sang Kecil tidak dapat membandingkan mana cara yang betul untuk ekspresikan hatinya. 


Nach, bila sang Kecil mempunyai intensif tantrum yang tinggi, ada banyak cara yang Mama dapat kerjakan seperti habiskan waktu bersama saat sang Kecil pada kondisi tenang, beri konsumsi gizi yang sehat dan imbang, beri waktu dan perhatian yang cukup ke sang Kecil dan berikan pemahaman bagaimana cara mengontrol emosinya.


 Beberapa hal di atas akan menolong sang Kecil dalam mengontrol emosinya.


9. Biasakan berbagi dengan Orang Lain


Anak usia tiga tahun belajar apa dan harus dapat apa? Cara mendidik anak usia 3 tahun yang bagus yang lain dengan cara mengajari sang Kecil berbagi sama orang lain. Perubahan anak usia 3 sampai empat tahun sang Kecil telah mempunyai empati dan memulai pikirkan hati orang di sekelilingnya. Ditambah, sang Kecil akan turut berduka bila temannya bersedih.


Mama dapat mengajari sang Kecil untuk share dengan temannya dengan cara simpel seperti saat Mama memberi sang Kecil biskuit bawakan dengan jatah lebih dan tuntun sang Kecil untuk membagikan biskuitnya ke teman-temannya.


Disamping itu, Mama bisa juga mengajari sang Kecil untuk pinjamkan mainannya apabila sudah usai digunakan ke temannya. Memberikan rutinitas beragam semenjak kecil akan membuat sang Kecil perduli dengan lingkungan di sekelilingnya.


10. Kasih penghargaan atas apa yang dicapai oleh anak


Di umurnya yang telah mencapai tiga tahun, sang Kecil telah banyak mendapatnya stimulan dari lingkungan sekelilingnya. Baik Mama, Papah, Kakek, Nenek dan orang dewasa lainnya. Ada beberapa hal yang bisa sang Kecil ikuti saat orang dewasa lakukan sesuatu. 


Mengajak sang Kecil untuk merapihkan mainan yang barusan dimainkan, berikan contoh dan minta untuk mengulang-ulang apa yang Mama Papah kerjakan ya. Walaupun tidak selamanya rapi dalam mengatur mainannya, masih tetap beri sanjungan pada sang Kecil. Ini bisa menolongnya tingkatkan keyakinan diri sang Kecil.


Panduan Memperkenalkan Cara Baca, Catat, dan hitung pada Anak Usia 3 Tahun


Di umurnya sekarang ini, sang Kecil cukup siap untuk dikenalkan oleh Mama Papah mengenai baca, kalkulasi, dan catat. Berikut ialah panduan memperkenalkan cara baca, catat, kalkulasi pada sang Kecil:


1. Membacakan buku narasi bermotif


Sebelum waktunya sang Kecil tidur, Mama bisa membacakan buku narasi bermotif. Mengajak sang Kecil jawab pertanyaan sesudah narasi usai dibacakan. Ini menolong membuat kekuatan sang Kecil untuk mengingat narasi yang Mama bacakan.


Pakai flashcard huruf dan angka


Ada banyak wujud flashcard yang ada, satu diantaranya untuk kelompok angka dan huruf. Mama dan sang Kecil bisa beraktivitas yang membahagiakan dengan memakai kartu-kartu ini. Sang Kecil semakin lebih aktif dan situasi belajar berasa membahagiakan.


2. Berikan buku latihan menulis


Sang Kecil tidak bisa langsung menulis, oleh karena itu dengan memberinya buku kosong atau buku bermotif dan pensil berwarna-warni akan menolongnya untuk ekspresikan style menulisnya. 


Di usia 3 tahun, sang Kecil benar-benar menyenangi aktivitas mengikuti orang dewasa, ini bisa mama menjadikan kegiatan rutin latihan sang Kecil. 


Mengajak menulis bersama dimulai dari coret- memberi warna dan coretan. Bangungkan rasa optimis untuk sang Kecil.


Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas harus kita perhatikan sebagai orang tua, agar tumbuh kembang anak bisa optimal, dan kelak dapat mencapai apa yang diimpikan.

LihatTutupKomentar