15 Tempat Bersejarah di Kota Semarang, Usianya Ada yang Ratusan Tahun

Kota-kota besar di Indonesia masing-masing mempunyai sejarah atau histori. Seperti kota Solo dan Yogyakarta dengan Keraton yang mempunyai cerita sejarah, Kota Bandung dengan Gedung Sate sebagai keunikan, sampai Jakarta dengan Kota Tua yang nuansanya bawa kita ke Jakarta tempo dahulu. Sama dengan kota  Semarang, ternyat di Kota Semarang banyak bangunan bersejarah lho! 

Ibu kota Jawa tengah yang salah satu kawasan kota industri di Indonesia ini, ternyata Semarang bukan hanya ramai didatangi pendatang, tetapi simpan sejarah. kali ini duradeka akan mengenalkan 15 bangunan bersejarah di Kota Semarang.

1. Masjid  Kauman Semarang

masjid kauman semarang
masjid kauman semarang

Dibuat di tahun 1750 atau sekitaran era ke-18, Masjid Kauman Semarang simpan banyak sejarah karena jadi salah satu masjid yang umumkan kemerdekaan Indonesia secara terbuka sesaat sesudah diproklamirkan.

Walau wujud bangunan sudah banyak berubah, namun masjid Kauman Semarang masih tetap tepat didatangi untuk rekreasi sejarah atau rekreasi religius. Ciri khas bangunannya dengan beberapa pilar tinggi dan meja balkon dari kayu jati. Kamu akan rasakan keindahan ketika memasuki kawasan masjid

2. Lawang Sewu

lawang sewu
lawang sewu semarang

Lawang Sewu sebagai bangunan kuno warisan Belanda yang sebelumnya Gedung ini jadi kantor pusat kereta api penjajah Belanda atau disebutkan Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Lawang Sewu dibangun di tahun 1904. Terdiri dari 3 lantai bangunan, dengan 2 sayap menghampar ke sisi kanan dan kiri.

Disebutkan Lawang Sewu, karena Gedung ini mempunyai pintu yang banyak. Lawang maknanya pintu, dan Sewu maknanya seribu. Sempat tidak terawat dalam waktu yang lama, Lawang Sewu kembali dipugar dan pelaksanaanya rampung di bulan Juni 2011. Selanjutnya tanggal 5 Juli 2011 Lawang Sewu disahkan dan dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi sejarah.

Berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang tengah, Kota Semarang. Lawang Sewu berdiri istimewa di tengah-tengah kota. Bila kamu sukai hunting photo, Lawang Sewu pas sebagai rujukan. Khususnya saat malam hari, beberapa lampu yang mengelilingi Gedung, membuat Lawang Sewu makin istimewa dan photogenic.


3. Kantor Pos Besar Semarang

kantor pos besar semarang
kantor pos besar semarang

Semarang sebagai satu dari tiga kota perintis jasa pos pertama di Indonesia. Kantor Pos Besar ini dipakai Instansi pos Belanda semenjak tahun 1862 untuk menerima layanan pos dan telegrap. Di tahun 1979, bangunan ini dipugar oleh pemerintahan kota Semarang sampai menjadi Gedung seperti saat ini.


Kantor Pos Besar Semarang berada di Jalan Pemuda No. 4 Kota Semarang. Lokasinya pas berseberangan dengan Tugu Titik 0 KM Semarang. Walau simpan nilai sejarah yang tinggi, sampai saat ini kantor ini masih aktif dalam melayani jasa pos.


4. Kota Lama Semarang

kota lama
kota lama semarang

Semarang mempunyai wilayah yang rekat dengan bangunan kuno. Kota Lama Semarang, telah ada semenjak era ke-18 pada periode Hindia Belanda. Awalannya, Kota Lama sebagai pusat pemerintah Semarang dan pusat pemukiman beberapa warga Belanda. Bangunan yang berada di sini mempunyai ide nilai seni yang tinggi.


Kota Lama Semarang dikatakan sebagai Little Netherland karena ada bangunan ciri khas Eropa di sekitar Kota Lama. Sekarang ini, beberapa Gedung masih terurus dan beberapa tidak terurus, satu Gedung yang terurus secara baik ialah Gedung Asuransi Jiwasraya. 

Kota Lama ramai dilalui dari pagi sampai sore hari. Malam harinya, kawasan ini condong sunyi.

Letak Kota Lama Semarang dekat sama Stasiun Semarang Tawang dan Pasar Johor. Teritori rekreasi sejarah ini harus kamu datangi saat jalanan di Kota Semarang. Bila memakai kereta api, bisa turun di Stasiun Tawang dan dapat diteruskan dengan jalan kaki atau naik kendaraan umum.


5. Klenteng Sam Poo Kong

sam poo kong
klenteng sam poo kong

Salah satu magnet pariwisata di Kota Semarang ialah Klenteng Sam Poo Kong. Dibuat di atas tanah dengan luas sekitar kurang lebih 3,7 hektar, Klenteng Sam Poo Kong pertama dibangun di tahun 1724 oleh warga Tionghoa di Semarang. Tempat ini sebagai sisa tempat pelabuhan dan pendaratan pertama Laksamana Tiongkok.


Biasa disebutkan dengan Gedung Batu, Klenteng Sam Poo Kong telah banyak memiliki alih wujud bangunan, tetapi tetap ramai didatangi wisatawan khususnya untuk berekreasi religius. Dalam Goa Batu ada Patung Cheng Ho yang dilapis emas, dipakai untuk ruangan sembahyang dalam meminta doa restu keselamatan, kesehatan, dan rejeki.


Berada di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang. Klenteng Sam Poo Kong dapat dijadikan bucket daftar traveling di Semarang. Khususnya di bulan Agustus, selalu diselenggarakan festival kenang kembali hadirnya Cheng Ho ke Semarang. Acara berisi arak-arakan, bazar, dan festival Barongsai.


6. Gereja Blenduk

gereja bleduk
gereja bleduk

Gereja Blenduk sebagai  landmark Kota Lama Semarang. Gereja ini dibuat di tahun 1753, mempunyai wujud bangunan yang lain dengan gereja secara umum yang mempunyai wujud Menara yang membubung. Ada atap berupa kubah warna merah, Gereja Blenduk selalu menarik pelancong terutamanya photographer.

Gereja ini sebetulnya diberi nama Gereja Protestan di Indonesi sisi Barat (GPIB) Immanuel, tetapi karena atapnya berupa kubah, dalam istilah Jawa disebutkan "mblenduk". Bangunan yang unik dan bersejarah ini masih aktif dipakai untuk peribadatan umat Kristiani Protestan tiap hari Minggu dan perayaan besar seperti Natal dan Paskah.


Berada di Jalan Letjen Suprapto No. 32, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Ada dalam tempat Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk dikitari bangunan bersejarah yang lain. Kamu bisa juga santai di Taman Srigunting Kota Lama, pas di muka Gereja Blenduk, didampingi dengan instrument lagu berkebangsaan. Benar-benar mempersejuk.


7. Gedung Kesenian Sobokarti

gedung kesenian sobokarti

Sobokartti sebagai perkumpulan seni dan cagar budaya di Semarang. Gedung ini dibuat sebagai tempat pertunjukan seni berupa teater. Gedung Kesenian Sobokartti tampilkan kesenian wayang orang dan wayang kulit.

Teater Sobokarti sebagai kreasi Karsten ke-2 yang memiliki konsep Jawa, stlah pendopo di Komplek Istana Mangkunegara, Surakarta. Dari dahulu, Gedung ini dipakai untuk tempat pergelaran seni tradisionil sampai sekarang jadi tempat latihan dan pergelaran seni kekinian. Seperti karawitan, panggung teratur pedalangan, pelatihan tari, dan pelatihan membatik.


Gedung kesenian Sobokartti beralamat di Jalan Dr. Cipto No. 31 - 33, Kebonagung, Semarang Timur, Kota Semarang. Kamu dapat bertandang start pukul 10 pagi sampai jam 6 sore waktu di tempat. Bila sukai dengan kesenian tradisionil, kamu harus jadikan Sobokartti sebagai tujuan saat bertandang ke Kota Semarang.


8. Gedung Marba

gedung marba

Salah satu bangunan bersejarah di Kota Lama Semarang yang disebut Gedung warisan colonial Belanda di Semarang ini diprakarsai oleh Marta Badjunet. Pemberian nama gedungnya datang dari singkatannya, yakni Gedung Marba, sebagai arah untuk kenang kembali Marta Badjunet.


Pada awalnya, Gedung ini digunakan sebagai kantor usaha pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut / EMKL. Tetapi, sayang sekarang ini Gedung Marba tidak dipakai dan tidak terurus. Walau demikian, Gedung ini kerap dipakai untuk tembakan karena wujud bangunannya masih historical dengan style neoklasik.

Gedung Marba beralamat di Jalan Letjend Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Lokasinya bersisihan dengan Gereja Blenduk, dan berseberangan langsung dengan Taman Srigunting Kota Lama Semarang.


9. Gedung Marabunta

gedung marabunta
gedung marabunta

Gedung Marabunta dibangun di tahun 1890 oleh Belanda, dan dipakai sebagai tempat atraksi cafetaria namanya Schouwburg. Gedung ini tampilkan dagelan, orchestra, balet, dan ada banyak kembali kesenian yang lain. Di sini ada dua patung semut raksasa yang berdiri disebelah kanan dan kiri atap Gedung.


Bangunan dengan nuansa classic Eropa benar-benar kelihatan di sini. Saat masuk ke tempat Gedung, penglihatan kamu langsung akan tertuju pada ornament-ornamen berpenampilan Eropa. uniknya kamu akan berasa seperti pada dalam kapal kebalik, karena sisi atap seperti perahu kebalik, dan pada dinding Gedung ada jarring kapal yang membentang.


Gedung Marabunta beralamat di Jalan Cendrawasih No. 23, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Sekarang Gedung ini jadi sebuah café yang lokasinya tidak jauh dengan Gereja Blenduk dan Gedung Marba di Kota Lama Semarang.


10. Masjid Layur Semarang

masjid layur semarang
masjid layur semarang

Masjid Layur dibuat di tahun 1743, sebagai salah satu masjid paling tua di Semarang. Umurnya sebenarnya lebih tua dari Masjid Kauman Semarang. Antiknya, di sini ada Menara mercusuar, sampai dikatakan sebagai Masjid Menara Daerah Melayu, karena dibuat oleh orang melayu.

Pada jaman dulu, Menara Masjid Layur digunakan sebagai Menara mercusuar, jadi tidak aneh ada mercusuar di sini. Hingga masjid ini mempunyai wujud bangunan yang berbeda dengan masjid secara umum.


Berada di Jalan Layur, Dadapsari, Semarang. Mushola Layur ada dalam tempat Kota Lama Semarang, kamu dapat tiba kesini untuk melaksanakan ibadah saat bertandang ke Kota Lama. Selainnya mengenali sejarah, kamu juga dapat berekreasi religius.


11.  Soesmans Kantoor

soesmans kantoor
soesmans kantoor

Tempat ini mempunyai nama sah yakni Borsumij Wehry Indonesia. Sampai tahun 1998, bangunan ini dipakai sebagai gedung perkantoran sebuah perusahaan export import kuda dan penyuplai jasa karyawan untuk perkebunan karet dan pertambangan yang namanya "Soesmans&co".


Tempat ini berada di kawasan kota lama. Gedung Soesmans Kantoor sekarang ini kerap dipakai sebagai tempat diselenggarakannya acara sampai dijadikan tempat lokasi pengambilan gambar ataupun shoting.


Sekarang ini sudah dilaksanakan perbaikan pada gedung ini yang membuat bangunannya lebih terurus tetapi tidak hilangkan ide asli bangunan.

12. Museum Mandala Bhakti

museum mandala bhakti
museum mandala bhakti

Museum Mandala Bhakti, disebutkan sebagai museum perjuangan TNI.  Di museum ini, ada beragam koleksi senjata yang dipakai oleh beberapa prajurit di saat perjuangkan kemerdekaan.


Dalam museum ini dapat diketemukan narasi sejarah komplet berkenaan perjuangan pertempuran atau perang oleh beberapa tentara nasional Indonesia. Museum ini berada di Jl. Unika Soegijapranata no 1, Barusari, kec. Semarang Selatan, Semarang, Jawa tengah.

13. Stasiun Tawang

stasiun tawang
stasiun tawang

Stasiun Tawang dibuat oleh perusahaan asal Belanda Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij. Stasiun ini sebagai peluasan dari Stasiun Semarang di mana Stasiun Tawang diprioritaskan pada angkutan penumpang, dan Stasiun Semarang dipakai sebagai stasiun untuk bedah muat barang.


Stasiun Tawang jadi stasiun khusus dan stasiun paling besar yang berada di kota Semarang. Stasiun ini benar-benar nyaman dipakai oleh beberapa penumpang karena sarananya yang ideal dan kebersihannya yang terbangun.


Lokasi Stasiun Tawang ada di Jalan Tawang no 1, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang Jawa tengah.

14. Menara Mercusuar Willem III

menara mercusuar willem III
menara mercusuar willem III

Selanjutnya  Menara Mercusuar Willem III yang ada di kawasan Dermaga Tanjung Mas. Diberi nama Mercusuar Willem III, karena raja yang memerintah di saat itu ialah Raja Willem III.

Bangunan ini dibuat pada periode penjajahan Belanda yang diawali pada 1879 sampai 1884. Saat itu, mercusuar berperan untuk memberikan fasilitas jalan raya beberapa kapal dari beragam negara masuk ke dermaga.

Walau telah berdiri beratus-ratus tahun lamanya, bangunan tersebut kokoh dan berdiri kuat sampai sekarang ini.

15. Benteng Pendem Ambarawa

benteng pendem ambarawa
benteng pendem ambarawa

Tempat sejarah yang memikat didatangi di sekitar Semarang ialah Benteng Pandem Ambarawa atau yang umum dikatakan sebagai Benteng Fort Willem I. Tempat rekreasi satu ini berada di Jl. Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang.

Benteng ini dibuat di tahun 1834 pada periode penjajahan Belanda. Wujud bangunannya nyaris serupa Lawang Sewu, karena banyak memiliki pintu dan jendela.

Pertama kali dibangunn, karena ada gejolak yang terjadi pada warga Belgia yang berupaya pisahkan diri dengan Kerajaan Belanda. Hingga Jenderal Van Bosch, membangun benteng-benteng pada beberapa titik di Pulau Jawa, satu diantaranya di Ambarawa.

Benteng ini simpan sejarah yang cukup kental dan banyak didatangi pelancong. Tempat ini mempunyai bangunan yang unik, hingga banyak pelancong tiba untuk berpose dengan background gedung itu.

Demikian tempat bersejarah di kota semarang, sangat indah dan bernilai sejarah tinggi. Asal usul kota semarang memang membuat kita penasaran, silahkan disaat liburan dikunjungi.



LihatTutupKomentar