Siapa Gubernur Jawa Tengah

 siapa gubernur jawa tengah ...

a. Anis Baswedan

b. Ridwan kamil

c. Ganjar Pranonowo

d. Joko Widodo



Jawaban yang benar adalah : 

C. Ganjar Pranowo



Profil H. Ganjar Pranowo, S.H. M.IP :


Nama : H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP

Lahir : 28 Oktober 1968, di Karanganyar, Jawa tengah

Istri : Hj. Siti Atikoh Suprianti

Anak : Zinedine Alam Ganjar

Orang Tua : Pamuji (Ayah), Almh. Sri Suparmi (Ibu)

Agama: Islam


Kehidupan awalnya


Ganjar Pranowo dilahirkan dari keluarga simpel dalam suatu dusun di lereng Gunung Lawu, Karanganyar dari ayah namanya S. Pamudji dan ibu namanya Sri Suparni. 


Lahir seorang anak yang bernama Ganjar Sungkowo, dia sebagai anak ke-5 dari 6 bersaudara. Saudara-saudaranya yaitu Pri Kuntadi, Pri Pambudi Tegar, Joko Prasetyo, Prasetyowati, dan Nur Hidayati. Ayah Ganjar Pranowo sendiri pekerjaannya adalah sebagai seorang polisi dan sempat ditugaskan untuk ikuti operasi pembasmian PRRI/Permesta.


Ganjar Pranowo mempunyai cerita pergantian nama yang wajar terjadi di tanah Jawa-Mataraman jaman dulu. Nama asli dari Ganjar Pranowo ialah Ganjar Sungkowo yang memiliki arti "Ganjaran dari Kesulitan/Duka cita (Sungkowo)". 


Tetapi, saat masuk periode sekolah nama Sungkowo ditukar dengan Pranowo karena ketakutan orang tuanya bila si anak nantinya "selalu berkubang kemalangan dan kesulitan" jika menggunakan nama Sungkowo


gubernur jawa tengah
siapa gubernur jawa tengah



Riwayat Pengajaran


Ganjar kecil telah memperlihatkan jiwa kepimpinan saat SD. Ia selalu dipilih jadi ketua kelas. Masuk SMP, keluarganya berpindah ke Kutoarjo untuk ikuti tempat pekerjaan ayahnya. Seterusnya, dia bersekolah di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Di SMA, dia aktif dalam aktivitas kepramukaan (Dewan Ambalan).


Mendekati kelulusan SMA di akhir dasawarsa 1980-an, si ayah pensiun dari kedinasannya di Polri Untuk penuhi keperluan ekonomi keluarga, ibu Ganjar buka warung kelontong, sementara Ganjar sempat jualan bensin di tepi jalan.


Tamat SMA, dia meneruskan kuliah di Fakultas Hukum Kampus Gadjah Mada. Di universitas, dia tergabung dengan Pergerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) (yang waktu itu dikaburkan bernama GeMiNI). Sepanjang kuliah di UGM, Ganjar akui sempat cuti kuliah sepanjang dua semester karena tidak mempunyai ongkos untuk perkuliahan.


Ganjar akui mempunyai hoby demo saat kuliah. Dia pernah mendemo rektor UGM saat itu (masa 1986-1990) Koesnadi Hardjasoemantri.


Profesi


Tamat kuliah, Ganjar Pranowo awalannya bekerja di instansi konselor HRD di Jakarta yakni PT Prakasa. Disamping itu, dia sempat juga bekerja di PT Prastawana Kreasi Samitra dan PT Semeru Realindo Pokok.


 Aktif di GMNI dan kagum pada Soekarno, Ganjar awalannya jadi partisipan PDI. Tahun 1996, PDI dirundung perselisihan intern di antara simpatisan Soerjadi dan Megawati Soekarnoputri sebagai representasi keturunan Bung Karno. Ganjar turut memberikan dukungan Megawati, walau ayahnya ialah seorang polisi dan kakaknya seorang hakim yang oleh Orba semua petinggi khalayak dilarang berpolitik dan harus memberikan dukungan Golkar seutuhnya.


Ganjar pada akhirnya pilih meniti karier di politik melalui Partai PDI-P yang dipegang oleh Megawati Sukarnoputri.


Siapa Gubernur Jawa Tengah


Anggota DPR-RI


Ganjar awalannya gagal lolos saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR-Ri pada pemilu 2004, namun dia menjadi Pejabat Antar Waktu (PAW) untuk gantikan rekanan separtainya yang ada dalam wilayah penyeleksian yang serupa (Jawa tengah 7) yaitu Jakob Tobing, yang ditugaskan oleh Presiden Megawati Sukarnoputri jadi dubes untuk Korea Selatan.


Saat jadi anggota DPR-RI pada masa 2004-2009, Ganjar Pranowo ditugaskan di Komisi IV yang memantau sektor Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan. Disamping itu, dia pernah ditaruh pada Pansus (Panitia Khusus) RUU Partai Politik sebagai ketua panitia khusus, anggota Tubuh Legislasi DPR RI, dan Ketua Panitia Khusus mengenai MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI.


Di masa ke-2 nya sebagai anggota DPR-RI, dia ditaruh pada Komisi II yang memantau sektor Pemerintah Dalam Negeri, Otonomi Wilayah, Aparat Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan, dan Reformasi Agraria. Dia mulai dikenali khalayak karena jadi anggota Panitia Khusus Hak Angket Bank Century sekalian jadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI.


Di tengah-tengah aktivitasnya sebagai Anggota DPR RI, dia sempat menuntaskan study pascasarjananya di Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik Kampus Indonesia di tahun 2013. Dia sebetulnya sebagai mahasiswa pascasarjana di FISIP UI semenjak tahun 2009, tetapi mau tak mau cuti karena aktivitasnya sebagai anggota DPR-RI.


Siapa Gubernur Jawa Tengah telah diulas pada artikel di atas, semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca duradeka



LihatTutupKomentar