Apa Nama Pakaian Adat Jawa Timur

 Apa Nama Pakaian Adat Jawa Timur?


Pakaian adat Jawa Timur datang dari banyak daerah yang ada di area ini. Pakaian ini juga kerap ditemui saat acara pernikahan atau hari besar.


pakaian adat jawa timur, pakaian adat
Apa Nama Pakaian Adat Jawa Timur


Mempunyai style yang unik membuat pakaian ini gampang dikenal. Ingin tahu apa nama pakaian adat ciri khas Jawa Timur? pasti penasaran donk... yuk guys kita simak bersama-sama.


1. Pakaian mantenan


Dengan bahasa Jawa, manten mempunyai makna pengantin. Hingga pakaian ini sebagai pakaian adat yang kerap dipakai di saat pernikahan. Mode pakaian wanita dan pria umumnya sama, dibuat berbahan beledu dan mempunyai warna dasar hitam. Tetapi bersamaan perubahan jaman, pakaian ini telah alami beberapa modifikasi.


Dalam penggunaannya, pakaian ini dipadankan dengan jarik dan beberapa aksesories seperti odheng, sabuk emas, dan kain selempang pada pria. Dan pada wanita, dipertambah sanggul dan bunga melati. Aksesories ini siap membuat performa mempelai makin mempesona.


2. Pakaian pesa'an


Jika pakaian yang ini tentu sudah tidak asing kan guys? Ya, pakaian pesa'an ini dikenali sebagai pakaian Madura. Warga Madura umumnya memakai pakaian ini untuk aktivitas setiap hari sampai upacara adat karena mempunyai mode yang simpel. 


Pakaian ini terbagi dalam kaos yang bermotif garis warna merah dan putih, dan celana kain hitam memiliki ukuran kendur. Mode pakaian yang kendur bermakna jika orang Madura benar-benar sangat menghargai kebebasan.


3. Kebaya rancongan


Pasangan dari pakaian pesa'an ialah kebaya rancongan. Kebaya ini mempunyai mode yang simpel dan ikuti wujud badan. Dalam penggunaannya, kebaya ini dipadankan dengan sarung batik memiliki motif lasem, storjan atau tebiruan.


Disamping itu, wanita Madura menambah aksesories seperti sisir cucuk, giwang atau kalung emas berupa biji jagung.


4. Pakaian Cak dan Ning


Sama dengan beberapa kota yang lain, Surabaya mempunyai kontes penyeleksian lajang dan gadis yang disebutkan Kontes Cak dan Ning. Dalam kontes ini, beberapa finalis memakai pakaian ciri khas Surabaya. 


Pakaian Cak (pria) terbagi dalam beskap dan celana kain yang dilapis dengan jarik. Kantong yang berada di dada kiri dipasangkan aksesories kuku macan dan saputangan warna merah.


Dan pakaian Ning (wanita) terbagi dalam kebaya dan jarik dan tambahan kudung selendang yang bermotif renda. Disamping itu, Ning kenakan aksesories berbentuk anting, gelang dan selop. Walau mempunyai design simpel, pakaian ini memberikan kesan-kesan menarik pada penggunanya.


5. Odheng


Ikat kepala yang kerap dipakai pria di Jawa Timur ialah odheng. Aksesories ini berupa segitiga dan dibuat dari kain batik. Odheng mempunyai dua jenis yakni odheng makanan dan odheng tapoghan.


Odheng makanan bermotif telaga biru atau storjoan dengan warna merah soga. Dan odheng tapoghan bermotif bunga atau lidah api dengan warna merah soga juga.


Buat yang tinggal di Jawa Timur tentu sudah tidak asing kan dengan pakaian ini? Pakaian adat Jawa Timur mana yang sempat kamu gunakan?


6. Pakaian Gothil


Pakaian adat Jawa Timur setelah itu pakaian gothil, yang disebut pakaian warok ponorogo yang biasanya digunakan oleh beberapa pria di Ponorogo. Pakaian ini asli dari Ponorogo atau Kota asal kesenian Reog.


Pakaian gothil sangat simpel, dia cuman warna hitam polos dan mempunyai wujud yang unik Ponorogo. Pakaian ini memiliki ukuran cukup kendur dan mempunyai lengan yang panjang dan kendur.


Saat menjahit pakaian gothil, dipakai tehnik yang khusus, hingga tidak seluruhnya penjahit pakaian dapat membuat dan mengikutinya. Berikut sebagai kekhasan tertentu dari pakaian adat Jawa Timur terutamanya Ponorogo ini.


7. Celana Komprang


Celana komprang ialah pasangan dari pakaian gothil dan mereka ialah celana asli dari Kota Ponorogo. Bila sist and bro lihat, celana komprang mempunyai wujud yang unik, yakni celana memiliki ukuran kendur dengan tehnik jahit yang khusus.


Ada sisi kolor yang dibuat berbahan lawe di bagian pinggangnya dengan ujung yang menjuntai. Wujud ini ialah wujud yang bisa menambahkan kesangaran dan keperkasaan dari beberapa pengguna celana komprang.


8. Tarompah


Tarompah sebagai tipe alas kaki yang disebut pendamping dari sebuah pakaian adat Jawa Timur. Sandal ini biasanya dibuat berbahan kulit sapi berkualitas.


Tarompah berupa terbuka dan kendur di bagian ujung saat dikenai yang diperlengkapi dengan pencapit. Seperti sandal, peranan pencapit itu untuk menjepit kaki di bagian jari-jari kaki supaya berasa semakin nyaman saat memakai.


9. Senjata


Ini ialah aksesori tambahan yang dijadikan pendamping dari sebuah pakaian adat Jawa Timur. Senjata ciri khas Jawa Timur sendiri ialah keris, tetapi untuk Madura, mereka mempunyai senjata uniknya sendiri yakni celurit.


Itu beberapa macam pakaian adat Jawa Timur yang harus dipahami. Ingat, dengan melestarikan pakaian adat, karena itu Mam sudah menolong melestarikan kebudayaan Jawa Timur.


Walau kemungkinan Mam bukanlah orang Jawa Timur, tetapi ketahui tiap pakaian wilayah akan membuat Mam senang akan kebudayaan Indonesia


Apa Nama Pakaian Adat Jawa Timur telah kita kupas tuntas guys, seringkali kali kita jumpai saat upacara adat dan upacara keagamaan.
LihatTutupKomentar